Minggu, 01 Januari 2012

Filatelis ,, Belajar melalui koleksi perangko ^_^

meski komunikasi pada jaman sekarang seudah sedemikian mudahnya karena semakin majunya perkembangan alat komunikasi elektronik, eh ternyata masih banyak juga orang yang suka berkomunikasi lewat surat. Komunikasi lewat surat memang lebih mengekspresikan isi hati dan pikiran. Satu hal yang menarik dari pengiriman surat adalah adanya perangko. Nah, nyatanya ada hobi khusus mengoleksi perangko yang kita keal dengan sebutann filateli. Filateli adalah hobi atau kegemaran mengoleksi dan mempelajari perangko dan benda- benda pos. Orang yang memiliki hobi ini disebut sebagai filatelis.

SEJARAH FILATELI

hobi mengoleksi perangko ini sebenarnya sudah ada sejak lama. Dari asal katanya, filateli berasal dari bahasa Yunani, philos yang berarti ‘teman‘, dan atelia yang berarti ‘pembebasan‘. Makna ‘pembebasan teman’ disini adalah terbebasnya kewajiban membayar biaya pengiriman surat oleh teman yang menerima surat. Istilah filateli pertama kali diperkenalkan oleh seorang berkebangsaan Perancis yang bernama Herpin pada tahun 1864.

Adapun menurut catatan sejarah British Stamps Museum, orang yang pertama kali menghimpun perangko melalui surat kabar The London Times pada tahun 1841 adalah Doctor Gray, seorang pejabat museum di Inggris yang rajjin mengumpulkan perangko- perangko bekas untuk hiasan dinding.

MANFAAT FILATELI
menurut penggemarnya, filateli ini memberikan pengaruh baik, diantaranya :
dapat membentuk sifat tekun, giat, sabar, dan semangat.

sifat- sifat ini disebabkan adanya minat yang tinggi untuk mengoleksi perangko, menunggu kelengkapan koleksi, menjaga fisik /  benda perangko dengan teliti, kreatif, dan mengandung unsur seni ( keindahan ). Saat ini para penggemar koleksi perangko sudah memiliki pperhimpunan tersendiri bahkan ada yang mengeluarkan piagam penghargaan untuk penyaluran hobi ini. Konon, dihampir setiap negara memiliki organisasi filatelis nasional.

BENDA-BENDA FILATELI

seorang filatelis biasa mengumpulkan benda- benda pos, seperti ;
  • carik kenangan ( souvernir sheet )
  • buku perangko ( booklet )
  • kartu maksimum ( maximum card )
  • benda pos bercetakan perangko ( postal stationery )
  • dan juga karnet ( kertas tebal yang tertepeli perangko baru ).
umumnya peralatan yang digunakan seorang filatelis meliputi ;
  • pinset ( penjepit perangko )
  • album perangko
  • direktor ultraviolet ( alat yang memiliki lampu untuk menyelidiki keaslian perangko )
  • kaca pembesar ( lup )
  • pengukur perforasi ( untuk mengukur lobang- lobang bergerigi kecil disisi perangko )
  • dan, katalog perangko.
PENGGOLONGAN FILATELIS

wah, ternyata hobi ini punya penggolongan tersendiri dan sering dilombakan sesuai kategorinya masing- masing. Penggolongan kelompok orang yang hobi mengoleksi perangko terdiri dari :
  • kelompok akumulator ( tahap pemula )
  • kelompok pengumpul khusus ( tingkat lanjut dari akumulator )
  • dan spesialis, wah .. kayak dokter aja sampai ada spesialisnya segala !! 
seorang akumulator ia hanya mengumpulkan perangko semampunya berdasarkan perangko yang ia peroleh. 

seorang pengumpul khusus, ia akan memilah- milah perangko secara lebih khusus, misalnya perangko dari satu negara ke negara tertentu saja. Atau bisa saja, seorang pengumpul khusus hanya memusatkan diri untuk mengoleksi perangko bertema khusus, semisal ; koleksi perangko bertema flora dan fauna, transportasi, kebudayaan, dan lain- lain. Dia akan berusaha keras mengoleksi perangko dan mengumpulkannya secara khusus per tema tertentu.

sedangkan seorang spesialis, ini sudah boleh dibilang paling mahir, paling tekun, dan paling rumit kerjanya. karena, selain mengoleksi perangko dengan tema- tema tertentu, dia masih membatasi pada perangko keluaran tahun tertentu saja. tentu lebih susah lagi. bayangkan saja, jika seorang spesialis pengumpul perangko ingin mengoleksi perangko- perangko terbitan Republik Indonesia pada periode tahun 1940- 1945, tentu lebih susah karena memang sudah langka. atau dia hanya memburu koleksi perangko bertema tanaman hias, bangunan antik, dan lainnya yang tergolong unik dan langka. tentu lebih  sulit lagi untuk menghasilkan karya koleksi perangkonya. alhasil, pekerjaan perangko seorang spesialis bisa dihargai sangat mahal.

contohnya saja koleksi perangko pertama kali di dunia Black Penny yang diterbitkan pada tanggal 6 Mei 1840, kini harganya sudah bisa mencapai jutaan poundsterling, sudah milyaran rupiah ya ?!.... masya Allah .. di negara kita saja, sejenis perangko istimewa yang diterbitkan tahun 1989 yang bertema seri fauna ’89 yang dulunya harganya Rp 815,00. kini sudah naik sepuluh kali lipatnya ... !!

DARI HOBI, BISA DAPET DUIT DONK !!

kalau ngomongin soal hobi alias kegemaran, biasanya orang rela mengeluarkan uang demi hobinya. contoh saja orang yang hobinya mengoleksi tanaman hias, ia tak peduli berapa duit yang harus dibayarkan untuk mendapatkan tanaman hias kesukaannya, atau lihat saja harga seekor burung bisa lebih mahal dari sebuah mobil sedan. agaknya celah inilah yang dimanfaatkan oleh para pehobi, termasuk mereka yang gemar mengoleksi perangko. dari semula iseng, eh ... lama- lama ditekuni makin asyik, dan jadi sebuah karya yang dinilai dengan penghargaan yang tinggi dari orang lain. mau coba ?!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar